Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Saturday, November 2, 2013
Kita yang masih pemula akan terkagum-kagum dengan hasil render yang realistis, sampai-sampai menyerupai foto. Nah kali ini aga akan sedikit berbagi cara untuk menambahkan efek lens flare pada lampu, bisa saja pointlight, downlight, lampu taman, ataupun lampu-lampu lain yang membutuhkan efek silau supaya lebih real.

Udah lama banget gak buka blog ini dan udah lama juga gak posting tutorial. mohon maaf bagi yang bertanya via kolom komentar maupun email yang telat aga balas karena aga mulai vacum dari blog semenjak persiapan masuk PTN, sedikit curhat aga yang lulusan STM Pembangunan Semarang udah kerja 2 tahun di perusahaan konstruksi nasional pengen kuliah, nah taun 2013 ini kesempatan buat aga melanjutkan studi dengan biaya sendiri. Pengennya sih masuk teknik sipil undip atau arsitek undip, tapi apadaya Allah memberikan jalan melalui test sbmptn dan diterima di Arsitektur Unnes (pilihan ke-3) Alhamdulillah bisa diterima di PTN :). Karena tugas yang banyak dan aga sambil kerja freelance sebagai 3D visualizer, maka blog ini menjadi terbengkalai. Karena banyak yang tanyain update'an artikel, akhirnya aga sempatkan untuk menulis tutorial lagi. Wes ah curhat'e, lanjut ke tutor lagi.

Langsung aja yaa... udah lihat gambar diatas kan? nanti hasil akhir lens flare nya akan seperti itu. Trus gimana caranya? monggo diikuti langkah-langkah dibawah ini dengan seksama.

*kalau gambar kurang jelas, klik untuk memperbesar

1. Buka file image hasil render anda. Silahkan bermain dengan Brightness/contrass, level, curve, exposure, saturation, color balance, sampai didapat hasil maksimal.

2. Gunakan tool Rectangular Marquee. Kemudian kotaki area sekitar lampu.

3. Setelah dikotaki, buka menu Filter - Render - Lens Flare...

4. Akan muncul jendela Lens Flare, posisikan tanda + di tengah-tengah lampu. kemudian atur Brightness dan silahkan tipe Lensa (Lens Type) sesuai dengan kebutuhan. kalau udah, langsung aja OK.

5. Setelah di OK, maka hasilnya akan seperti ini. Sinar lampunya lebih terlihat realistik daripada lampu yang ada disebelahnya. untuk menghilangkan kotak marquee (garis putus2) tekan CTRL+D.

6. Ulangi langkah-langkah diatas pada semua lampu, dengan berbagai nilai brighness maka akan mendapatkan hasil seperti gambar dibawah ini.

Demikian sedikit tutorial tentang Bagaimana cara untuk menambahkan Efek Lens Flare atau sinar lampu menggunakan Photoshop. Semoga bermanfaat. :)

6 comments:

  1. thanks gan berguna bgt ilmunya..semoga dapet pahala : )

    ReplyDelete
  2. Misi agan aga, pengen nanya neeehhh. bisa dibatu yaaa? kalau kita rendering pengen menunda dulu karena suatu alasan dan pengen meneruskan renderingnya tanpa menghilangkan hasil renderan sebelumnya bisa ndak agan aga?apakah tombol pause pada box rendering bisa dipakai karena kalau yang demo version tombol pause tidak active,apakah bisa diset active. demikian agan aga mohon dibantu yaaa..?trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sih bisa.. cuma saya belum pernah menghentikan render di tengah jalan..
      kalau versi demo gak ada tombol pausenya.. ya brarti harus pakai yg versi berbayar.. atau yg bajakan aja gan..

      Delete
  3. thank infonya bang .saya coba dulu cara2nya...

    ReplyDelete
  4. Gan mau tanya.
    ane udah coba cara lens flare nya.
    memang cahaya lampu lebih realistis.
    tapi kok ada kotakan bekas seleksi sekitaran lampu.
    gimana cara ngilangin kotakan nya gan ?
    soalnya antara gambar dengan kotakan sekitaran lampu beda warnanya.

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.