Like This Blog

Search

Loading...

Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Tuesday, February 2, 2016
Software untuk keperluan visualisasi objek 3 dimensi sangat beragam. Dalam dunia arsitektur terdapat beberapa software, salah satu yang familiar digunakan para arsitek maupun drafter adalah SketchUp. Hasil output sketchup memang hanya berupa gambar yang menyerupai sketch, belum berupa hasil render yang mendekati real, oleh karena itu diperlukan mesin render berupa software pendukung, biasanya para pengguna sketchup menggunakan plugin vray, namun kali ini aga akan menggunakan software realtime render (seperti mesin render game) yaitu menggunakan software lumion.

Lumion yang terbaru saat artikel ini ditulis adalah lumion 6, Software demo dan versi berbayarnya dapat diunduh melalui situs resmi lumion. Atau bagi para mahasiswa atau pelajar yang belum mampu beli, bisa pakai versi bajakan, haha. Download aja pakai torrent, masternya kira-kira 6GB.

Lumion bukan software untuk menggambar, software ini hanya digunakan sebagai pendukung untuk render, oleh karena itu kita harus menggambar model 3Dnya menggunakan SketchUp terlebih dahulu, bisa menggunakan software lain yang formatnya didukung oleh lumion.
Tuesday, January 6, 2015
Banyak yang tanya dan minta software-software grafis minta dikirim via email. yaa... gak bakalan bisa dikirim via email, softwarenya aja gede banget. Nah pada kesempatan ini aga akan sedikit share bagaimana cara download software-software tersebut secara gratis. Caranya menggunakan aplikasi torrent.

Kenapa pakai torrent? karena berdasarkan pengalaman, sudah download berbagai software dan film yang filenya ber-giga2, 100% berhasil dan tidak pernah corrupt. Kelebihannya juga bisa di pause berkali-kali tanpa takut file corrupt. Namun ada kekurangnnya juga, bagi teman-teman yang menggunakan koneksi umum (wifi) terkadang ada yang memblokir download via torrent. Oke langsung aja diikuti langkah-langkah di bawah ini.
Saturday, November 29, 2014
Berkat bergabung dengan grup facebook Surveyor Indonesia, Aga mendapatkan info tentang software PCLP dan Alhamdulillah ada member yang mau berbagi program tersebut dengan beberapa penjelasan singkat.

Banyak sekali teman-teman lama dari proyek yang menanyakan software PCLP (Plan, Cross Section and Longitudinal Profile Program), tapi karena Aga belum tau dan tidak punya programnya, maka saya tidak bisa menjawabnya. Nah karena sekarang sudah ada programnya, langsung aja dicatat langkah-langkahnya di blog ini.
Thursday, November 27, 2014
Setelah tutorial ploting koordinat dari excel ke autocad, sekarang sebaliknya, kita akan mengambil data koordinat dari titik-titik di AutoCAD kemudian memasukkannya ke dalam Excel.


Dalam tutorial ini kita akan menggunakan perintah AutoCAD yang sederhana dan rumus excel yang sederhana pula. Langsung aja di simak tutorialnya.. :D