Like This Blog

Masukkan email anda untuk pemberitahuan artikel terbaru *jangan lupa konfirmasi di inbox kalian*

Contact Us

Pengunjung minggu ini

Terimakasih atas kunjungan Anda
tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< jika blog ini berguna bagi anda, klik tombol [LIKE]

Search

Memuat...
Kamis, 20 Februari 2014

Lama nih gak bikin tutorial. Mumpung agak senggang dan belum lupa, langsung bikin tutorial modelling yang objeknya sofa model klasik (classic) *aga menyebut sofa jenis ini adalah model classic, kalau salah mohon koreksinya ya. Mungkin banyak file-file model 3D yang bisa di download secara gratis. Tapi terkadang kita butuh model yang ukurannya custom. Mau gak mau kita harus modelling sendiri. Nah kali ini aga akan sedikit berbagi cara membuatnya.

Yang akan aga share adalah dasar-dasar teknik modelling sofa klasik ini. Untuk bentuk-bentuk yang lebih kompleks, bro n sis bisa otak-atik sendiri.

Untuk latihan, silahkan ikuti langkah-langkah yang aga berikan, sekaligus ukuran-ukurannya. Monggo langsung disimak aja tutorialnya.

Sabtu, 02 November 2013
Kita yang masih pemula akan terkagum-kagum dengan hasil render yang realistis, sampai-sampai menyerupai foto. Nah kali ini aga akan sedikit berbagi cara untuk menambahkan efek lens flare pada lampu, bisa saja pointlight, downlight, lampu taman, ataupun lampu-lampu lain yang membutuhkan efek silau supaya lebih real.

Udah lama banget gak buka blog ini dan udah lama juga gak posting tutorial. mohon maaf bagi yang bertanya via kolom komentar maupun email yang telat aga balas karena aga mulai vacum dari blog semenjak persiapan masuk PTN, sedikit curhat aga yang lulusan STM Pembangunan Semarang udah kerja 2 tahun di perusahaan konstruksi nasional pengen kuliah, nah taun 2013 ini kesempatan buat aga melanjutkan studi dengan biaya sendiri. Pengennya sih masuk teknik sipil undip atau arsitek undip, tapi apadaya Allah memberikan jalan melalui test sbmptn dan diterima di Arsitektur Unnes (pilihan ke-3) Alhamdulillah bisa diterima di PTN :). Karena tugas yang banyak dan aga sambil kerja freelance sebagai 3D visualizer, maka blog ini menjadi terbengkalai. Karena banyak yang tanyain update'an artikel, akhirnya aga sempatkan untuk menulis tutorial lagi. Wes ah curhat'e, lanjut ke tutor lagi.

Langsung aja yaa... udah lihat gambar diatas kan? nanti hasil akhir lens flare nya akan seperti itu. Trus gimana caranya? monggo diikuti langkah-langkah dibawah ini dengan seksama.
Jumat, 19 Juli 2013
Banyaknya request kepada aga untuk dibuatkan tutorial modelling mobil (Car Modelling Tutorial), maka aga akan menunjukkan langkah pertama yang harus dilalui dalam proses modelling. Langkah pertamanya adalah mempunyai blueprint atau mudahnya disebut sketsa model mobil yang akan digambar.

Anda bisa mendapatkan blueprint dari situs www.the-blueprint.com, atau jika kalian punya sketsa di kertas juga bisa digunakan, tetapi ubah dulu menjadi format jpeg, caranya bisa menggunakan scanner, kalo gak punya yaa pakai kamera handphone juga boleh.. hehe..

Biasanya file jpeg yang didapat dari hasil browsing, dalam 1 gambar ada 4 sisi yang ditampilkan (samping, atas, depan, belakang).  Yang harus dilakukan adalah memisahkan 4 sisi tersebut menjadi file jpeg sendiri-sendiri. Untuk referensi anda bisa mencari foto-foto mobil yang asli.

Sebelumnya aga mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh pengunjung blog. Dan tak lupa aga juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan bagi yang beragama Islam.

Sudah 2 bulan aga vacum alias gak membuat artikel lagi untuk blog ini, dikarenakan tidak ada koneksi internet, dan jadwal yang terlalu sibuk, hehe... udah kaya pejabat aja.. hahaha

Sudah setengah tahun atau 6 bulan dari artikel pertama yang aga tulis, ternyata warung ini semakin ramai pengunjung. Ora nyono ora ngiro yen bakal koyo ngene... hahaha

Barusan aga mulai buka-buka lagi dashboard blogger milik aga, membalas komentar-komentar para pengunjung yang sudah menumpuk. Tak lupa melihat statistik kunjungan agayuditra blog ini, ternyata masih menembus 500 kunjungan per hari. Angka yang aga anggap luar biasa, karena aga menulis dengan bahasa yang ngawur dan berantakan, hehe.


Karena melihat banyaknya pengunjung, maka aga akan mulai aktif menulis artikel lagi. Untuk para pengunjung setia, ditunggu aja yaa tutorial-tutorial terbaru. Kalau ada yang request silahkan, kalau aga bisa pasti aga buatkan..

Semoga blog ini berguna untuk semua orang. Terima kasih untuk semua pengunjung blog, tanpa kunjungan kalian blog ini tidak akan terindex oleh google di peringkat 10 teratas.

Seseorang mahir memainkan gitar karena setiap hari dia bermain gitar. Anak kecil bisa berjalan karena mau berusaha berjalan walaupun jatuh bangun...
ingatlah "Mereka Bisa karena Terbiasa"
Rabu, 15 Mei 2013
Sedikit berbagi pengalaman nih. Aga pernah mengalami kehilangan command bar / command line pada AutoCAD, ya agak panik sih, hehe... Tapi karena aga terbiasa ngotak atik sendiri, akhirnya cari-cari di menu option ternyata tetap gak ketemu.

Bagi aga yang seorang drafter, command bar sangatlah penting, karena aga menggunakan perintah-perintah singkat bukan menggunakan toolbar. Hal tersebut bisa membantu kecepatan dalam menggambar. #eehh... malah curhat.

Okedeh... lanjutin ceritanya, aga teringat bahwa semua software punya fasilitas Help (F1), langsung deh meluncur dan ketik di kolom search "command bar", dan ternyata ketemu cara memunculkan atau menghilangkan command bar.