Like This Blog
Search
Kategori
- 3ds Max (35)
- AutoCAD (8)
- CorelDRAW (2)
- Galeri Aga (3)
- Land Desktop (6)
- Lumion (1)
- Microsoft Office (8)
- Microsoft Project (8)
- Photoshop (3)
- SketchUp (5)
Contact Us
AgaYuditra Studio
Pengunjung bulan ini
Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Friday, July 19, 2013
Banyaknya request kepada aga untuk dibuatkan tutorial
modelling mobil (Car Modelling Tutorial), maka aga akan menunjukkan langkah
pertama yang harus dilalui dalam proses modelling. Langkah pertamanya adalah
mempunyai blueprint atau mudahnya disebut sketsa model mobil yang akan
digambar.
Anda bisa mendapatkan blueprint dari situs
www.the-blueprint.com, atau jika kalian punya sketsa di kertas juga bisa
digunakan, tetapi ubah dulu menjadi format jpeg, caranya bisa menggunakan
scanner, kalo gak punya yaa pakai kamera handphone juga boleh.. hehe..
Biasanya file jpeg yang didapat dari hasil browsing, dalam 1
gambar ada 4 sisi yang ditampilkan (samping, atas, depan, belakang). Yang harus dilakukan adalah memisahkan 4 sisi
tersebut menjadi file jpeg sendiri-sendiri. Untuk referensi anda bisa mencari
foto-foto mobil yang asli.
Oke... langsung aja mulai... pertama-tama buka Photoshop.
1. Buka file blueprint yang anda punya.
2. Crop masing-masing bagian view.
3. Save as menjadi file jpeg.
Naahh.. sekarang anda punya 4 file jpeg. Masing-masing view
memiliki resolusi yang berbeda, catatlah pada kertas. ukuran resolusi tersebut
digunakan untuk menentukan besarnya plane yang akan dibuat menggunakan 3ds Max.
Langkah selanjutnya buka program 3ds Max.
1. Aktifkan view front, buatlah sebuah plane dengan ukuran
sesuai dengan resolusi file jpeg tampak depan.
2. Buka modify, kemudian tambahkan modifier material, beri
ID 1.
3. Lakukan langkah di atas untuk semua view, tetapi
masing-masing plane diberi ID yang berbeda, supaya seragam aga tentukan
saja. ID1=Tampak Depan, ID2=Tampak
Samping, ID3=Tampak Atas, ID4=Tampak Belakang.
4. Buka Material Editor.
5. Pilih salah satu slot, kemudian ganti standard menjadi
multi sub object. (mengapa menggunakan multi/sub object? supaya menghemat slot
material). Untuk penjelasan tentang Multi/Sub Object klik disini.
6. Pastikan ID material sama dengan yang aga berikan di
atas.
7. Untuk Diffuse color gunakan file jpeg dari masing-masing
view. aga tidak menjelaskan secara detail, karena aga anggap anda sudah mahir
dalam menggunakan material. hehe...
8. Supaya garis-garisnya terlihat kontras, ubah self
illumination menjadi 50.
9. Apply-kan material yang sudah dibuat ke 4 objek plane
yang dibuat tadi.
10. Atur keempat plane menjadi seperti gambar dibawah ini.
Pastikan roda pada posisi yang sejajar, bodi samping dan atas juga posisi
sejajar. (perhatikan garis warna merah pada gambar di bawah ini)
11. Blueprint anda sudah jadi, saatnya menuju ke proses
modelling.
Jika mengalami blueprint yang gambarnya tidak jelas / tidak tajam / pecah, silahkan buka Mengatasi Blueprint yang Pecah pada 3dsMax
Demikian Tutorial Setting Blueprint untuk keperluan
Modelling Mobil (Car Modelling). Silahkan buka Tutorial Car Modellingmenggunakan 3ds Max untuk langkah-langkah
membuat mobil 3D.
Kategori:3ds Max
Subscribe to:
Post Comments
(Atom)
dtunggu tutorial....Tutorial Car Modelling menggunakan 3ds Max untuk langkah-langkah membuat mobil 3D
ReplyDeletekapan ya mas...
Terima ksih atas Tutorialnya Gan.
ReplyDeleteTinggal di praktekin nih.
manthab2 mampir juga donk di blog ane www.undrenic.com
ReplyDeleteharmoniproduction.com
ReplyDeleteevent organizer jakarta
jasa video company profile
jasa pembuatan video klip
jasa foto prewedding
sewa sound system jakarta
wow..sangat membantu ya..saya akan coba praktek kan..thx gan..salam kenal dan sukses selalu.
ReplyDelete