Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Thursday, February 20, 2014

Lama nih gak bikin tutorial. Mumpung agak senggang dan belum lupa, langsung bikin tutorial modelling yang objeknya sofa model klasik (classic) *aga menyebut sofa jenis ini adalah model classic, kalau salah mohon koreksinya ya. Mungkin banyak file-file model 3D yang bisa di download secara gratis. Tapi terkadang kita butuh model yang ukurannya custom. Mau gak mau kita harus modelling sendiri. Nah kali ini aga akan sedikit berbagi cara membuatnya.

Yang akan aga share adalah dasar-dasar teknik modelling sofa klasik ini. Untuk bentuk-bentuk yang lebih kompleks, bro n sis bisa otak-atik sendiri.

Untuk latihan, silahkan ikuti langkah-langkah yang aga berikan, sekaligus ukuran-ukurannya. Monggo langsung disimak aja tutorialnya.

1. Buatlah sebuah box dengan ukuran 60x150x15 cm , segmen 4x10x1. lihat gambar.



2. Select box yang sudah dibuat tadi, kemudian klik kanan, convert to Editable Poly.



3. Masuk ke dalam tab modify, aktifkan mode vertex.



4. Aktifkan view tampak atas [top], kemudian select vertex seperti gambar dibawah ini. (vertex warna merah). cara selectnya dengan menahan tombol Ctrl kemudian blok vertex yang akan di select.



5. Kemudial buka tab modify, carilah edit vertices, lalu klik connect.


Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



6. Masih dalam mode vertex, kita beri Chamfer, klik kotak warna hitam yang ada disebelah kata chamfer. Akan muncul kotak dialog Chamfer Vertices, isikan Chamfer Amount = 1.7 cm , kemudian klik OK.



7. Sekarang aktifkan mode polygon.


8. Aktifkan Top View, kemudian select polygon yang berupa lingkaran2 di tengah dan disamping. caranya dengan menahan tombol Ctrl pada keyboard kemudian blok polygon yang akan diselect.



9. Setelah polygon selesai diselect, maka langkah selanjutnya memberikan Bevel, caranya cari Edit Polygon, kemudian Bevel (klik kotak hitam), akan muncul jendela Bevel Polygon, isikan Height = -5.0 cm dan Outline Amount = -1.5 cm , OK.



10. Aktifkan mode vertex, kemudian aktifkan Left View, lalu select vertex yang berada didalam. caranya sama yaitu dengan menggunakan ctrl pada keyboard. lihat gambar.



11. Setelah diselect, kita akan menggabungkan vertex tersebut dengan cara Weld, buka Edit vertices, klik tombol hitam disebelah Weld, akan muncul dialog Weld Vertices, isikan Weld Threshold = 2.5 cm, kemudian OK.



12. Aktifkan mode edge, maka edge yang bersilangan masih terselect, langkah selanjutnya klik Loop supaya edge yang ada didalam cekungan juga ikut terselect. jika masih ada yang kurang, lanjutkan dengan cara menahan tombol ctrl dan lakukan seleksi. Sampai edge yang terselect seperti gambar dibawah ini.



13. Setelah edge terselect, lanjutkan ke edit edges, kemudian berikan Extrude, akan muncul dalog Extrude Edges, isikan nilai Extrusion Height = -0.5cm dan Extrusion Base Width = 0.5cm, lalu OK.



14. Langkah selanjutnya adalah berikan modifier MeshSmooth.


Settinglah parameter Mesh Smooth, Subdivision Method = NURMS , kemudian Subdivision Amount, Iterations = 3 (jika komputer anda nge-lag, gunakan Iterations = 1 atau 2)



15. Selanjutnya aktifkan mode vertex, dan lakukan seleksi pada vertex yang berada ditengah (lihat gambar).



16. Aktifkan Left View, kemudian lakukan Scale ke arah vertikal (sumbu y), besarnya kira-kira aja.



17. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



18. Sekarang kita tambahkan detail jahitan atau tali yang ada diantara sela-sela jok. Aktifkan mode edge, jika tadi tidak mengubah-ubah seleksi maka edge masih terseleksi.


Jika edge masih terseleksi, maka langsung buka Edit edges, kemudian klik Create Shape From Selection, maka akan muncul dialog Create Shape, isikan nama dan pilih Shape Type = Linear, kemudian OK.



19. Sekarang pilihlah shape / tali yang sudah dibuat tadi. caranya tekan tombol H pada keyboard. kemudian pilih objek Tali lalu OK.



20. Masuk ke dalam tab modify, kemudian aktifkan Enable in Renderer dan Enable in Viewport. Lalu pilih model Radial, masukkan Thickness = 0.5cm dan Sides = 8 .



21. Tambahkan Mesh Smooth pada tali yang sudah dibuat tadi dengan Iteration = 2.



22. Sekarang menambahkan detail kancing pada setiap pertemuan jahitan. Caranya buatlah Sphere dengan Radius = 1cm dan Segment = 16, kemudial lakukan scale arah vertikal supaya bentuk bolanya agak pipih seperti kancing.



23. Inilah hasil akhirnya setelah diberi material dan dirender alakadarnya. hehe
Selamat Mencoba ya... :)
kalau mau download file sofa tutorial ini silahkan klik DOWNLOAD File-Tutorial-Sofa-Classic (212kb) Formatnya 3dsMax 2010 . *password : agayuditra-blog




5 comments:

  1. makasih mas , like this buat yang pemula seperti saya mas :)

    ReplyDelete
  2. password rar'nya apa?

    ReplyDelete
  3. password ada di atas gan.. belum dibaca semua ya? hehe
    *password : agayuditra-blog

    ReplyDelete
  4. gk bisa didownload ya

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.