Like This Blog

Masukkan email anda untuk pemberitahuan artikel terbaru *jangan lupa konfirmasi di inbox kalian*

Contact Us

Pengunjung minggu ini

Terimakasih atas kunjungan Anda
tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< jika blog ini berguna bagi anda, klik tombol [LIKE]

Search

Memuat...
Rabu, 24 April 2013
Banyak pemula yang bertanya "Bagaimana sih cara seting VRAY 3DS MAX supaya hasil render lebih realistis?" pertanyaan tersebut juga pernah ada di dalam pikiran aga, yaa namanya juga pemula, pasti banyak yang ingin di ketahui, termasuk cara membuat hasil render se-realistis mungkin atau menyerupai foto.

Cara render menggunakan Vray ridaklah sulit, hanya sedikit setingan, akan menghasilkan hasil render yang bagus. Tapi ingat yaa, hasil render 3D yang anda lihat kebanyakan tidak murni hasil render menggunakan Vray, tetapi dibantu dengan software photo editor / photoshop. Namun ada juga para master 3D yang bisa membuat hasil render menggunakan Vray secara maksimal.

Perlu diingat, tujuan kita merender sebuah gambar adalah mempresentasikan apa yang kita desain kepada orang lain / klien. Yang dibutuhkan kebanyakan klien adalah tapilan akhir, bukan proses pembuatannya, "mau pake vray, mentalray, podium, photoshop, sak karepmu (terserah) yang penting gambarmu selesai tepat waktu dan sesuai dengan yang diinginkan", setuju gak? hehe

oh iya... tutorial ini sekaligus memenuhi permintaan mas Alan via facebook yang minta dibikinkan tutorial tentang Vray. Maaf yaa mas, baru dibikinkan sekarang, soalnya kemaren-kemaren sibuk kerjaan. hehe




Oke deh... Langsung aja dimulai Tutorial Seting Render Vray 3ds Max ini. Pahami dan praktekkan langkah dami langkah.

1. Ubah setingan render menggunakan Vray. Caranya buka render setup (F10), kemudian carilah Assign Renderer, ubah menjadi VRay.  Dalam tutorial ini aga menggunakan vray demo 1.5 SP2, untuk versi Vray 2.0 caranya masih sama.



2. Pastikan objek-objek yang akan dirender menggunakan Vray Material.
*Tutorial Vray Material menyusul jadi silahkan googling dulu, hehe.

3. Buatlah sebuah Vray Sun, posisikan sesuai dengan arah sinar matahari yang di inginkan. Caranya Create - Light - VRay - VRaySun. Agar lebih mudah lihat gambar dibawah ini.


Jika muncul pertanyaan "Would you like to automatically add a VraySky environment map?" pilih aja "Yes".

4. Buatlah Vray Phisycal Camera, karena jika tidak menggunakan Vray Physical Camera hasil rendernya tidak bisa maksimal. Cara membuatnya Create - Camera - Vray - VrayPhysicalCamera kemudian posisikan sesuai dengan sudut yang di inginkan.


Lakukan sedikit setingan pada Vray Physical Camera, caranya pilih camera yang sudah dibuat tadi, masuk ke modify, Untuk belajar biarkan setingan default, cukup mengubah white balance menjadi neutral. Untuk setingan f-number, shutter speed, film speed (ISO) silahkan lihat ilustrasi dibawah ini.


5. Saatnya untuk setting render Vray, caranya buka Render Setup (F10) buka tab V-Ray.
  1. Buka Image sampler, ubah Type : Adaptive DMC , Antialiasing filter : Catmull-Rom
  2. Buka Color Mapping, ubah Type : HSV exponential , Gamma : 1.5


6. Masih di dalam Render Setup, buka tab Indirect Illumination.
  1. Buka Indirect Illumination (GI), aktifkan GI (on), Primary GI engine : Irradiance map, Secondary GI engine : Light cache
  2. Buka Irradiance map, pilih sesuai kebutuhan, jika hanya draft cukup pilih low, jika sudah fix setingannya silahkan pilih High atau yang diatasnya. Jangan lupa aktifkan Show calc. phase.
  3. Buka Light cache, pada Subdivs isikan 1000 jika final render, tapi jika masih draft bisa isikan 400 atau 500 sesuai kebutuhan.


7. Sekarang pindah ke tab Setting.
Ubahlah Noise threshold menjadi 0.002 (jika sudah final render), tapi jika masih draft bisa gunakan angka 0.01 atau 0.005.


8. Jika semua setingan dirasa sudah cukup, saatnya tekan tombol Render (F9). Tunggu beberapa saat, maka hasilnya akan seperti ini.


Karena sampel gambarnya hanya teapot dan gambar di atas tanpa sentuhan photoshop, maka hasilnya kurang maksimal, Setingan di atas biasa aga gunakan untuk render hasil modelling aga. Di bawah ini aga berikan beberapa contoh hasil karya aga yang menggunakan Setingan Render Vray di atas.



Demikian tutorial tentang Setingan Render Menggunakan Vray 3ds Max. Semoga bermanfaat. :)

20 komentar:

  1. wah bagus mas ... cuman mau tanya nih... klo liat brosur atau majalh.... bisa bener2 kayak foto... itu rahasianya apa? thanks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @imam
      gak ada rahasianya... hehe
      semua teknik bisa di cari tutorialnya di internet..

      biasanya pakai Vray atau mentalray... dengan sentuhan photoshop..

      Hapus
    2. makasih mas, cuman aq buat model dg 3dmax 7 dan vray, tp hasilnya blm maksimal/realistis, nnt aq kirim hasilnya, mohon masukkannya. Apa itu pengaruh spek komputer (aq pake dual core, ram 3 GB) dan program 3dmax (msh pke versi 7)?

      Hapus
    3. hai permisi agan agan semua,,bisa bantu saya tempat dowload sofwere v-ray nya untuk 3dmax 7 ,, soalnya gagal terus nic gan,
      # mau cari tak dapet dapet, koyo sempit kale dunia ini,, hhe moohon arahannya yag gan ? siapa saya bolah bantu saya ,,, ^_^
      ## shere to rafy.sipil@gmail.com,, tks

      Hapus
  2. Keren.. Makasih banyak ya mas Aga.. ngebantu banget nih tutorial2nya.. :)

    BalasHapus
  3. yneb76@yahoo.com9 Juli 2013 14.00

    thanks brow bagi-bagi ilmunya nie bermanfaat skali buat ane so aq lagi belajar -belajar,tapi klo merender pakai vray apa setting defult lightxa di matikan dulu...trim jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @yneb76@yahoo.com : gak perlu dimatikan, yang penting pakai vray sun aja.. selamat mencoba yaa...

      Hapus
  4. gan klo buat interior gimana ?? apakah sama ??

    BalasHapus
  5. @tria laksana
    kalo aku sih sama gan.. mungkin ada penyesuaian dikit disetingan Vray cameranya... atur shuterspeed, ISO, dll

    BalasHapus
  6. hai ,,permisi gan ,,bisa bantu saya tempat dowload sofwere v-ray nya untuk 3dmax 7 ,,soalnya gagal terus nic gan,, gak nemu nemu.
    # mau cari tak dapet dapet, koyo sempit kale dunia ini,, hhe mohon arahannya yag gan ? siapa saya bolah bantu saya ,,, ^_^
    ## shere to rafy.sipil@gmail.com,, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau vray 3dsmax7 sy gak punya mas..
      versi yang paling lama sy pakai yg 2009..
      mendingan ganti versi 3dsmaxnya aja mas..

      Hapus
    2. Bisa di upload gak bang vray 3dmax 2009 nya .. Soalnya saya nginstal dari mana aja tetep ga muncul plugin nya

      Hapus
  7. halo mr. aga,.. blog yg bagus. boleh add pin bb nya ya,. nanti jika sy mo nanya2 lebih gampang..

    BalasHapus
  8. trimakasih utk tutorial yg sangat bermanfaat ini

    BalasHapus
  9. agan, knapa y punya q vray light nya g lengkap, klo dipilih yg ada cm vray light, trus vray cameranya malah ga ada, padahal vray ama 3ds max nya sama hlo kaya puya agan, mohon penecerahannya gan .. mksh ..

    BalasHapus
  10. selamat pagi,saya mau bertanya kenapa saat menggunakan vraylight untuk menyinari ruangan, sinarnya tidak muncul saat dirender?

    BalasHapus
  11. gan ane insatal vray kuk saya cek ga tertera vray sun, ya? apakah saya salah instal

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non blogger gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email / facebook Anda.