Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Friday, April 19, 2013
Bagi anda yang sering menggunakan 3ds Max dan menggunakan mesin render Vray atau MentalRay, pasti pernah bahkan sering melakukan realistic rendering yang membutuhkan waktu yang cukup lama, antara 2 sampai dengan 10 jam. Lamanya waktu render tergantung dari seberapa bagus setingan dan kemampuan komputer anda.

Saat anda melakukan render menggunakan Vray atau MentalRay, pastinya processor akan bekerja 100%. Processor yang bekerja 100% hanya untuk 3ds Max akan membuat "lemot" program lain yang sedang dijalankan bersamaan, walaupun anda menggunakan multi core (dualcore, quadcore, dll).

Pengalaman aga jarang menggunakan komputer ketika melakukan render atau dengan kata lain aga melakukan kegiatan lain tanpa komputer (makan, tidur, dll) hehehe. Jika anda melakukan render di malam hari dan anda tinggal tidur, alangkah baiknya 3ds Max anda dipasang AUTO SHUTDOWN. Sehingga ketika proses render selesai komputer akan otomatis mati / shutdown, akan menghemat listrik karena jika tidak dipasang auto shutdown, siapa yang akan matikan komputer jika anda tidur, hehe.



Oke... langsung saja download script Auto Shutdown dengan membuka link di bawah ini.

Download Auto-Shutdown-3ds-max via Ziddu

Download Auto-Shutdown-3ds-max via 4shared

Atau bisa membuat sendiri, caranya buka notepad, kemudian copykan kode di bawah ini.

doscommand "shutdown -s -f -t 60"

Angka 60 maksudnya 60 detik adalah waktu tunggu untuk komputer melakukan shutdown setelah render selesai. Angka tersebut bisa diganti sesuai keinginan anda. Setelah kode di atas anda copy, save as, beri nama dengan extensi *.ms misal auto-shutdown.ms.

Untuk cara menggunakannya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pastikan settingan render sudah fix atau dengan kata lain yang akan render kali ini adalah final render. Karena jika ditengah-tengah proses render anda melakukan cancel render, maka komputer akan otomatis mati / shutdown. Dan jangan lupa simpan dulu file 3ds max anda.

2. Buka render setup atau tekan tombol keyboard F10.

3. Pada Render Output pilih save file dengan cara klik Files. Simpan sesuai dengan format yang anda butuhkan jpeg/ bmp/ avi/ dll.


4. Carilah Scripts, kemudian pada Post-Render klik Files, kemudian carilah file auto-shutdown.ms yang sudah anda download atau anda buat tadi.


5. Sekarang tekan tombol Render.

Jika Proses render selesai, maka setelah 60 detik komputer anda akan mati.

Script Auto Shutdown ini sudah aga test untuk 3ds Max 2009 dan 2010 kemungkinan besar bisa digunakan untuk semua versi 3ds Max, karena script ini hanya menghubungkan antara 3ds Max dengan windows untuk melakukan shutdown. Demikian sedikit tutorial yang bisa aga share, semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan selamat bekerja...(aga)

2 comments:

  1. Makasih ya, aku coba dulu caranya. Mangkin ajib nih render tinggal tidur.

    http://www.linkstudiodesign.com

    ReplyDelete
  2. Kalo auto save render vray dimnanya gan setingnya?

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.