Like This Blog

Masukkan email anda untuk pemberitahuan artikel terbaru *jangan lupa konfirmasi di inbox kalian*

Contact Us

Pengunjung minggu ini

Terimakasih atas kunjungan Anda
tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< jika blog ini berguna bagi anda, klik tombol [LIKE]

Search

Memuat...
Kamis, 25 April 2013
Mari belajar bersama, bagaimana cara mengatur material Vray menggunakan 3ds max. Untuk material dasar seperti besi, chrome, emas, kaca bening, cermin, cat mobil, plastik, meja, tidaklah sulit. seperti apa langkah-langkahnya, baca artikel ini sampai selesai... hehe

Pada dasarnya material Vray hanya mengatur Reflection, Refraction, Glossiness, Subdivision, dan Texture (opo kuwi reflection refaction subdivion?)... hehe. Supaya apa yang aga jelaskan nanti bisa dipahami, mari bersama-sama memahami arti istilah diatas.
  • Reflection adalah bagaimana objek dapat memantulkan benda lain yang ada disekitarnya, misalnya cermin atau besi chrome.
  • Refraction adalah bagaimana objek dapat ditembus atau istilahnya gampangnya transparan, contohnya kaca bening atau air.
  • Glossiness adalah tingkat mengkilat/ mengkilapnya suatu objek, contohnya mengkilatnya cat mobil dengan mengkilatnya plastik mouse akan berbeda.
  • Subdivision / Subdiv adalah tingkat kehalusan material, jika semakin kecil nilai subdiv maka akan muncul noise/ bintik-bintik, dan jika semakin besar maka akan semakin halus.
  • Texture / Map adalah file gambar (jpg, png, gif, tga, dll) yang digunakan sebagai acuan untuk material yang akan dibuat. misalnya gambar serat kayu, batu-batu hiasan, beton, dll.
Oke... sudah paham kan? kalo belum paham dibaca lagi, kalo masih belum paham juga, langsung lanjut baca aja deh, nanti juga ngerti maksudnya... hehe.

oh iya... kalo yang belum bisa pakai Vray 3ds Max silahkan buka tutorial Setting Realistic Render Menggunakan Vray 3ds Max. Di dalamnya aga jelaskan bagaimana cara memulai render menggunakan Vray.

Langsung aja deh... tar lama-lama malah bikin bosen. hehe. Jangan lupa install dulu Vraynya, trus buka deh 3ds Maxnya. Kalo belum punya Vray yang gratis, download dulu cari di mbah google. Dalam tutorial ini aga menggunakan Vray 1.5 SP2 kalau anda pakai yang Vray 2.0 sama aja kok.

1. Buka render setup (F10), cari Assign Renderer, ubah menjadi V-Ray.


2. Buka Material Editor (M), kemudian ubah dari standard menjadi Vray Material (VRayMtl). Caranya lihat gambar di bawah.



3. Sekarang aga akan mencoba membandingkan berbagai macam setingan Reflection Vray 3ds Max.
a. Aga ubah warna reflection menjadi hitam, abu-abu, dan putih. (semakin putih maka semakin memantul seperti cermin).


Untuk perbandingan aga berikan 3 contoh (1) Value : 0 , (2) Value : 100 , (3) Value : 255.
*klik gambar untuk memperbesar

warna reflection

b. Sekarang aga gunakan warna reflection putih (value: 255), aga akan ubah nilai Refl. glossiness. Sebagai perbandingan aga ubah menjadi (1):1.0 , (2):0.85 , (3):0.75 .

reflection glossiness

c. Untuk materi terakhir tentang reflection, aga gunakan warna reflection putih (value: 255) dan nilai Refl. glossiness : 0.8. aga akan ubah nilai Subdivs menjadi (1):8 , (2):16 , (3):32
catatan : Semakin besar nilai subdivs maka semakin halus dan semakin lama proses rendernya.

subdivision reflection

Silahkan bereksperimen untuk membuat berbagai macam material yang menggunakan Reflection.

4. Sekarang berpindah ke bagian Refraction. Seperti yang aga jelaskan diatas, aga kan menggunakan perbandingan supaya mudah dipahami nilai-nilai yang digunakan.
a. Aga akan mengubah warna refraction menjadi hitam, abu-abu, dan putih. Lihat gambar supaya lebih jelas.


Sebagai perbandingan aga gunakan value (1):0 , (2):170 , (3):255. (semakin putih maka semakin transparan)

warna refraction

b. Sekarang aga gunakan warna refraction putih (255) dengan mengubah nilai Glossiness menjadi (1):1.0 , (2):0.95 , (3):0.85

glossiness refraction

c. Terakhir untuk Reflection aga akan menggunakan warna refraction putih, nilai glossiness 0.9 dengan mengubah nilai Subdivs menjadi (1):8 , (2):16 , (3):32
catatan : Semakin besar nilai subdivs maka semakin halus dan semakin lama proses rendernya.

subdivision refraction


Sekarang sudah paham kan nilai-nilai yang harus diubah untuk mendapatkan setingan material yang diinginkan. Anda bisa menggabungkan antara Reflection dan Refraction untuk menghasilkan sebuah material yang sesuai dengan kenyataan.

5. Sekarang aga akan membandingkan setingan BRDF yaitu phong, blinn dan ward. Aga menggunakan warna reflection abu-abu (200) , glossiness:0.9 , subdivs:16. (1)phong , (2)blinn , (3)ward


brdf vray material

6. Untuk texture gunakan maps masukkan diffuse untuk warnanya dan bump untuk  efek timbul.


sebagai perbandingan bump, aga berikan nilai bump (1):0 , (2):50 , (3):100 .

texture dan bump

Cukup sekian saja yaa tutorial tentang bagaimana cara setting material vray 3ds max. Untuk parameter yang lainnya silahkan dicoba-coba sendiri. Kalo aga jelaskan satu persatu capek juga, hehe.

Kalau ada kesalahan dalam penulisan atau kurang tepat dalam mendeskripsikan mohon maaf dan mohon koreksinya yaa. Karena aga belajar sendiri, jadi apa yang aga jelaskan di atas hanya menurut pengertian aga saja, gak tau deskripsi secara teoritisnya seperti apa. Hehe
Oke deh... selamat mencoba dan selamat belajar... :)

16 komentar:

  1. Balasan
    1. @rizal
      mancing mania... mantaappp... :D

      Hapus
  2. aga ane mau tanya nih,
    ane punya masalah kalo camera menghadap kaca transparan, di belakangnya ada benda dengan warna chrome jika di render hasilnya benda tsb jadi berwarna hitam bukan chrome lagi,itu bagaimana ya solusinya?? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih light , itu pas di render jadi hitam karna tidak ada cahaya.

      Hapus
  3. mangtaaafs...I apreciate this

    BalasHapus
  4. hebat agan ini , pantastic ,aktual, semoga agan sukses ..satu hal lagi yang harus saya pertanyakan gan gmn sih cara download v-ray nya soalnya saya cari gak ketemu digoogle..

    BalasHapus
  5. ngilangin watermark vray gimana yak gan..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu setingannya blm bener gan di setup vraynya. cb ikuti tutorialnya smpe kelar watermarknya ilang kok. sory kl keliru :) tp dicoba dulu

      Hapus
    2. watermark Vray muncul karena pakai vray yg versi Demo,, cari aktivatornya di google..

      Hapus
  6. Keren nih.. Saya mau tanya gan :)

    Kenapa yah Vray material saya gak ada, padahal udah install vray 2.0 ama 2.4 tetap gak ada muncul. kalau render n lightnya muncul sih vray na.. di material mapnya ajah gak ada. Saya pakai max 2011. udah bolak balik install vray juga tetap gak muncul..

    Terima kasih (y)

    BalasHapus
  7. klw boleh gan ksih contoh render rumah dengan 3D max dan cara setting parameternya yang lengkap, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ke sini gan http://completion-animation-3dsmax.blogspot.com/ kalau tidak salah saya pernah nemu ,kalau tidak ada berarti belum di update admin nya, lngsung saja ke youtube nya ,biasanya adminya suka lupa update ke blog setelah upload
      http://www.youtube.com/user/donieryu

      semoga membantu

      Hapus
  8. banyak mendapat ilmu dari sini,,. thanks sob,,.ilmu anda berguna bagi kami2 yg belum mahir,,. semoga kami bisa menjadi sperti anda,, very nice

    BalasHapus
  9. Trimakasih untuk teman2 yang bantu jawab pertanyaan.. maaf saya baru online buka blog..
    silahkan tanya langsung via email, insyaallah kalo saya bisa menjawab, pasti saya jawab.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non blogger gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email / facebook Anda.