Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Sunday, February 3, 2013
Tutorial Lengkap 3ds Max Pemula & Lanjutan
Lagi butuh model 3D ban / roda untuk melengkapi model truk / alat-alat berat yang sedang kalian bikin? Gak usah bingung,cukup menggunakan Chamfer Cylinder & Editable Poly untuk membuatnya.

Sudah baca artikel Tutorial Cara Membuat Model Alat Berat Menggunakan 3dsMax? kalau belum dibuka dulu, di dalam artikel tersebut AGA menjelaskan tentang cara modelling menggunakan 3ds Max. artikel ini salah satu bagian dari tutorial tersebut.

Tanpa berlama-lama lagi kita mulai membuat ban atau roda untuk kendaraan yang cukup sederhana. Tidak perlu teknik tinggi untuk membuatnya, bagi pemula insyaallah bisa praktek dengan lancar. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.


*klik gambar untuk memperbesar

Sebelumnya siapkan dulu foto ban yang akan kita buat sebagai referensi.


1. Buatlah Chamfer Cylinder dengan jari-jari & lebar sesuai dengan spek kendaraan. Jangan lupa buat side segment = 32 dan fillet segment = 3 agar bentuknya smooth. Kemudian buat cap segment = 2.


2. Pilih chamfer cylinder yang sudah kita atur parameternya, kemudian klik kanan, pilih convert to >> editable poly.


3. Buka tab modify lalu aktifkan mode vertex. setelah itu pilih vertex yang ada di tengah cylinder kemudian tekan tombol delete pada keyboard.


4. Aktifkan mode border, kemudian seleksi lingkaran yg dalam.


5. Gunakan Scale untuk memperbesar diameter lingkar dalam ban.


6. Aktifkan mode edge, kemudian pilih edge samping ban (kanan kiri), lihat gambar.


7. Agar semua edge disamping ban terpilih, klik ring, maka hasilnya seperti gambar di bawah.


8. Untuk menambah segment ditengah-tengah edge yang sedang kita select. Klik Setting disebelah tombol Connect. Untuk lebih jelas lihat gambar.
Isikan Segments = 2 , Pinch = 50 , kemudian OK.


9. Tambahkan 2 Segment lagi ditengah-tengah, caranya sama seperti langkah nomor 7 & 8. sampai membentuk seperti gambar di bawah. segment=2 , pinch=0


10. Gunakan cara seleksi tali, cara mengaktifkannya lihat gambar. Klik dan tahan pada yang AGA beri kotak hijau, kemudian turun ke warna merah.


11. Aktifkan mode vertex, kemudian pilih vertex-vertex seperti gambar dibawah. Warna hijau adalah jalur seleksi menggunakan tali.


12. Aktifkan Top View / Tampak Atas, kemudian gunakan scale pada sumbu X untuk memperlebar bagian tengah. lihat gambar.


13. Hasilnya kurang lebih akan seperti gambar di bawah.


Udah jadi nih ban-nya, tinggal bikin velgnya, gak tau cara bikin velg? Buka artikel Tutorial Modelling Velg Truk / Alat Berat menggunakan 3dsMax.

Kalo ada yang gak paham dengan penjelasan AGA, mohon maaf ya, soalnya AGA gak pinter berkata-kata. hehe...Kalo ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini, atau hubungi AGA (lihat sebelah kanan ada Contact Us).

9 comments:

  1. misi, ane mampir nih gan :D
    tengs tutornya sangat membantu, ini sekalian mau tanya,
    punya ane sisi ban dalem nya ya muncul / ga keliatan, adakalh solusinya? mohon bantuannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @pajar6970 : maksudnya bagian dalam ban waktu dirender gak kliatan gitu? untuk mengatasinya, beri material pada ban tsb, kemudian pada jendela material carilah "2-side" kemudian beri tanda "cek". semoga berhasil...

      Delete
  2. sudah oke gan. Makasih banyak bantuannya :D

    ReplyDelete
  3. numpang tanya nih gan, ban motor ane sering bocor karena tertusuk ban luar sendiri, apa solusinya ya soalnya kembang ban masih sangat bagus sih jadi kalau ganti baru sayang

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.