Like This Blog
Search
Kategori
- 3ds Max (35)
- AutoCAD (8)
- CorelDRAW (2)
- Galeri Aga (3)
- Land Desktop (6)
- Lumion (1)
- Microsoft Office (8)
- Microsoft Project (8)
- Photoshop (3)
- SketchUp (5)
Contact Us
AgaYuditra Studio
Pengunjung bulan ini
Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Sunday, February 3, 2013
Tutorial ini AGA buat untuk pemula 3ds Max yang masih bingung cara melubangi objek, kalau di AutoCAD 3D namanya subtract, nah kalau di 3ds Max namanya Bolean tetapi ada perbaruan fasilitas bolean yaitu pro bolean.
Pasti ada yang bertanya "Apa perbedaan Bolean & Pro Bolean?", keduanya sama-sama fasilitas untuk melubagi atau menggabungkan objek .
Perbedaan Bolean & Pro Bolean:
1. Bolean hanya bisa dilakukan sekali jalan saja, jika ada objek yang tertinggal harus mengulangi bolean lagi. Tetapi jika kita melakukan bolean berulang-ulang pada satu objek kemungkinan terjadi rusaknya face/ permukaan objek tersebut.
2. Pro Bolean adalah perbaikan yang dilakukan oleh 3ds Max untuk fasilitas bolean. Jika kita menggunakan Pro Bolean, saat ada objek yang tertinggal atau lupa belum dipilih untuk melubagi objek. Kita masih bisa menambahkan objek tersebut dalam list bolean, tanpa harus mengulang bolean.
Kalau masih belum paham langsung dicoba sendiri aja biar tau perbedaannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Oke, langsung saja kita mulai bagaimana cara melubangi objek pada 3ds Max.
*klik gambar untuk memperbesar
1. Siapkan Objek yang akan dilubangi dan objek yang digunakan untuk melubangi. objek warna kuning yang akan dilubangi, objek warna merah sebagai pelubangnya.
2. Pilih objek yang akan dilubangi, kemudian buka Compound Objects kemudian pilih Pro Bolean.
3. Pilih Subtraction untuk melubangi, kemudian klik Start Pick, kemudian pilih objek-objek yang digunakan untuk melubangi.
4. Sekarang objenya sudah terlubangi.
hasil-objek-dilubangi-menggunakan-pro-bolean-subtraction |
Jika kalian ingin menggabungkan objek-objek langkahnya sama persis dengan di atas, tetapi untuk Subtraction diganti Union.
hasil-objek-digabungkan-menggunakan-pro-bolean-union |
Kalau pengen belajar modelling silahkan buka Tutorial Cara Membuat Model Alat Berat Menggunakan 3dsMax.
Kategori:3ds Max
Subscribe to:
Post Comments
(Atom)
sama-sama bro..
ReplyDeletekalo buat bundaran Biasanya fasilitas ini malah bikin hancur Cagenya, tdi nya quad bisa triangle polygonya.. Satu-satunya cara di detach dulu di permukaan yg mau dilubangi.. Trus pake fasilitas ntuh, nanti vertex nya digabung kembali pake weld.. Jadi menjaga spya cage nya bisa diedit kembali.. cmiiw.
ReplyDeletetrimakasih atas tambahannya.. :)
Deletegan klo pke union warna objek jadi sama..gmn cara nya kalo warna objeknya biar bisa beda beda..mohon pencerahanya gan :)
ReplyDeletecoba pakai cara ini http://agayuditra.blogspot.com/2013/04/cara-menggunakan-material-multi-sub-object.html
Delete