Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Friday, September 26, 2014
Kali ini aga akan share bagaimana cara modelling mobil yang low poly alias hanya membutuhkan sedikit polygon. Hal ini terkadang perlu digunakan saat komputer kita gak kuat untuk menghandle model high poly. Atau saat kita membuat sebuah scene kawasan yang berisi banyak objek, sehingga kita dituntut untuk menghemat polygon supaya saat proses modelling terasa ringan dan proses render juga lebih cepat.

Dalam tutorial ini aga tidak akan menggunakan modifier Turbosmooth seperti pada Tutorial Modeling Mobil (Car Modelling) 3ds Max. Karena dengan menggunakan turbosmooth ataupun meshsmooth akan melipat gandakan jumlah polygon.



Langkahnya seperti apa, langsung aja ikuti tahap demi tahap.

1. Lakukan setting blueprint, jika belum bisa, silahkan buka Cara Setting Blueprint untuk Modelling Mobil 3ds Max.


2. Bualtah satu bidang plane dengan 1 segmet vertikal dan 1 segment horizontal pada sisi samping.


3. Ubahlah plane menjadi editable poly, caranya klik kanan - convert - editable poly.


4. Supaya plane terlihat transparan, caranya select objek - klik kanan - object properties, buka tab General kemudian isikan visibility = 0.7.


5. Kemudian langkah selanjutnya adalah membagi plane menjadi beberapa bagian. Caranya menggunakan Cut.
a. Aktifkan mode vertex


b. Carilah Cut


c. klik ujung 1 kemudian klik ujung 2


d. Hasilnya seperti ini


6. Pindahlah vertex yang ada di tengah sesuai dengan blueprint.


7. Lakukan langkah menggeser vertex dan menambah segment menggunakan cut, sampai membentuk kerangka utama mobil.


8. Usahakan jangan sampai merusak smooth yang ada pada plane karena pada langkah ini kita tidak akan menggunakan bantuan modifier smooth / meshsmooth / turbosmooth.


9. Karena kita hanya membuat satu sisi, maka tambahkan modifier symmetry untuk membuat sisi yang satunya.

a. Select object kemudian tambahkan modifier symmetry.


b. Jika posisi belum pas, maka aktifkan mode mirror.


c. Putar dan posisikan mirror sampai pas.


Lakukan langkah-langkah di atas sampai membentuk sebuah mobil yang anda inginkan. Tingkat kedetailan dan hasil akhir, tergantung dari kreatifitas anda. aga hanya memberikan dasar-dasar dalam modelling menggunakan 3dsMax.


Sekian tutorial modelling mobil low polygon (lowpoly) ini aga buat. selamat mencoba.
semoga bermanfaat.

0 comments: