Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Friday, April 26, 2013
Sedang mengalami kekurangan slot material 3ds Max? pasti anda bingung bagaimana cara menambah slotnya. Aga juga pernah mengalami hal serupa, yang ada dipikiran aga "Masak sih 3ds max cuma menyediakan slot material cuma segini". Dulu waktu nyari tutorial Vray Proxy di dalamnya ada langkah yang menggunakan satu slot material untuk banyak objek yang berbeda-beda material.

Dari pengalaman itulah aga mengaplikasikannya pada semua objek yang aga buat. Sebagai contoh aga membuat sebuah model mobil, dalam objek mobil banyak material yang digunakan mulai dari cat mobil, kaca, spion, plastik, lampu, ban, velg, dll. yang pastinya akan membutuhkan slot yang sangat banyak.

Supaya hemat slot material aga gunakan Material Multi/Sub-Object, karena dengan menggunakan satu material multi/sub-object bisa diisi dengan ratusan material. Cara tersebut salah satu solusi untuk menambah Slot Material 3ds Max. Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini.



Hanya dengan bermodalkan 1 (satu) slot material aga sudah bisa membuat 15 material yang berbeda. Lalu bagaimana cara menggunakan Material Multi/Sub-Object? Gampang kok, aga sudah membuat artikel tentang bagaimana cara menggunakan Material Multi/Sub-Object untuk mengatasi masalah kehabisan Slot Material, atau bisa dikatakan solusi untuk menambah Slot Material 3ds Max.

Silahkan buka Tutorial Cara Menggunakan Material Multi / Sub-Object 3ds Max, didalamnya aga bahas lebih lengkap cara menggunakannya.

4 comments:

  1. nice post sob,salam animation :D

    ReplyDelete
  2. terus gimana cara membuat efek kaca nya di slot sub-material gan?
    msh newbie bngt gan minta pencerahan nya ya.

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.