Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Friday, February 1, 2013
Tutorial Lengkap 3ds Max Pemula & Lanjutan
Untuk membuat hasil render yang realistis, ada berbagai macam mesin render (Vray, MentalRay, Lumion, dll) dan ada berbagai macam efek yang digunakan. Kali ini AGA akan membahas tentang menggunakan efek kotor dalam Vray 3ds Max.

Yang AGA maksud efek kotor ini berupa bayangan / gradasi hitam di setiap pertemuan objek atau pada objek yang berdekatan, biasa disebut dengan Ambient Occlusion. Untuk setiap mesin software dan mesin render cara membuat Ambient Occlusion berbeda-beda, misal pada Vray SketchUp setingan ambient occlusion terdapat di setinggan render, tetapi pada Vray 3ds Max Ambient Occlusion terdapat pada material.

Ambient occlusion attempts to approximate the way light radiates in real life, especially off what are normally considered non-reflective surfaces.  (wikipedia)

Keunggulan Ambient Occlusion pada material adalah kita bisa melakukan pemisahan antara material yang diberi AO (Ambient Occlusion) dengan yang tidak terkena efek AO. Langsung saja kita mulai tutorial membuat Ambient Occlusion menggunakan Vray 3ds Max.

1. Siapkan scene yang akan di render. (yang pasti scene-nya sudah terisi objek-objek).


2. Sebelumnya pastikan dulu :
     - Pada render setup (F10) pastikan Assign Renderer menggunakan Vray.
     - Lakukan setingan render sesuai keinginan (GI diaktifkan, gunakan Irradiance Map & Light Cache)
     - Pastikan menggunakan Vray Physical Camera.

    *untuk scene tutorial ini AGA sumber cahaya yang menggunakan VraySun untuk scene Exterior.

3. Buka material editor dengan cara tekan tombol M pada keyboard.

4. Klik pada tombol Standard, maka akan muncul jendela Material/Map Browser. Pilih VRayMtl.


5. Diffuse map gunakan VRayDirt.


6. Atur parameter VRayDirt, Radius 1 meter, Occluded = warna bayangan, Unoccluded = warna objek, Subdivs = kehalusan bayangan. Silahkan atur sesuai kebutuhan scene kalian.
*Untuk nilai-nilai yang lain akan AGA jelaskan menggunakan ilustrasi di akhir artikel.


7. Material yang sudah dibuat langsung saja di apply-kan ke objek.

8. Saatnya menekan tombol F9 atau tombol render. Tunggu beberapa saat, maka hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah ini.

hasil-render-menggunakan-ambient-occlusion
hasil-render-tanpa-menggunakan-ambient-occlusion


Lihat gambar di atas, scene yang menggunakan Ambient Occlusion muncul bayangan di setiap pertemuan objek. Menurut kalian lebih realistis yang mana? silahkan berpendapat.

*Untuk pengaturan parameter VRayDirt silahkan lihat ilustrasi di bawah ini.
Gambar di bawah ini AGA ambil dari situs vray.com
(klik pada gambar untuk memperbesar)









8 comments:

  1. susah bner ngoperasiin 3dmax gan :p puyeeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak susah kok bro, yang penting ada kemauan buat belajar.

      Delete
  2. kakak aga, makasih ya ilmunya udah di share, kalo bisa yang yang rendering vray sama mental raynya tambah lagi kalo ada yang baru ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonim
      iya sama-sama...

      sebenernya masih banyak yang belum aku share.. cuma waktu yang menghambat untuk membuat tutorial, hehe

      makasih yaa masukkannya, :)

      Delete
  3. Kak aga, kalau cara mengatasi layar 3dsmax sebagian macet gimana ya? padahal ram 4gb dan processornya core i3

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya macet gimana nih? berat gitu?
      kalo proses modelling yg bekerja VGA card & RAM, kalau processor bekerja berat ketika rendering.

      bisa jadi yg bikin macet2 disalahsatu view, VGAnya gak kuat. minimal VGA Ati Radeon atau NVidia 1Gb.. itu pun kalau modelling sudah terlalu banyak objek & polygon tetep aja nge-lag tau macet2.. PC sy pakai VGAcard XFX radeon 7800 2GB 256bit kalau udah modelling yg kompleks tetep aja nge-lag.

      kalau mau ngobrol2 bisa via FB sy aja. soalnya sy jarang ngecek blog.

      Delete
  4. kakak,,,boleh shared tutor animasinya dong....

    ReplyDelete
  5. mas aga saya bikin efek material editor kok ga keliatan di objeknya ya

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.