Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Friday, January 18, 2013
Tutorial Lengkap 3ds Max Pemula & Lanjutan
Dalam membuat sebuah animasi benda mekanikal pasti diperlukan rigging yang didefinisikan menurut AGA sebagai menghubungkan beberapa objek menjadi satu kesatuan sistem gerak (bahasane abot tenan kie). Sebagai contoh Shock Absorber, dalam rangkaiannya ada empat objek yang dijadikan satu kesatuan yang terdiri dari berberapa sendi dan garis kerja. 





Shock Absorber / Shock Breaker / Damper / Peredam Kejut / Sok Beker (ilat wong jowo) adalah sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik. (wikipedia)


Lihat gambar di bawah ini, di situ terlihat ada empat objek yang dijadikan satu sistem yaitu (1) Lengan Ayun, (2)Rangka Tumpuan, (3) Piston Bawah, (4) Silinder Atas.


Kali ini AGA akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara rigging sebuah Damper untuk suspensi mesin / kendaraan, tutorial ini juga dapat diaplikasikan dalam pembuatan animasi Hydraulic Piston yang biasanya digunakan pada alat-alat berat seperti Bulldozer, Excavator, Wheel Loader, Concrete Pump, dll. Langsung saja kita mulai tutorialnya.

1. Siapkan objek yang akan dianimasi. Jika belum ada, untuk bahan latihan bisa mencontoh gambar dibawah ini.


2. Sekarang kita fokus pada objek piston warna merah dan kuning. Posisikan Pivot pada sendi putar masing-masing piston. Kalau belum tau cara menggeser pivot silahkan buka artikel Cara Memindah Pivot Objek Pada 3dsMax.


3. Posisikan kedua piston pada satu garis kerja. Gunakan fasilitas Align, caranya silahkan buka artikel Tutorial Perataan Objek Pada 3dsMax.
.


4. Aktifkan Snap, karena snap default adalah snap to grid, maka harus diubah dulu menjadi snap to pivot. Caranya klik kanan pada icon Snap Toogle, kemudian beri tanda cek pada Pivot.


5. Sekarang buatlah satu batang Bone. Caranya klik Create, Systems, Bones, atur parameternya ukuran bone lebih kecil dari diameter piston, supaya enak dilihat. Karena diameter piston terbesar yang AGA buat adalah 0.16 maka ukuran bone AGA buat ukuran 0.1.


6. Setelah parameter diatur, klik pada masing-masing pivot kedua objek piston tersebut (ingat snap to pivot harus diaktifkan). Maka akan terbentuk seperti gambar di bawah ini.


7. Berikan HI Solver pada bone, caranya klik bone yang panjang, buka menu Animation, IK Solver, HI Solver, kemudian klik pada bone yang kecil. Maka akan muncul tanda Plus / Cross yang merupakan icon bantuan.


8. Lakukan link objek piston warna merah ke Bone yang panjang. Caranya aktifkan Select and Link, kemudian select objek piston merah, lalu drag ke arah bone yang panjang.
Sekarang coba pindah bone yang panjang, apakah piston merah juga ikut bergerak, jika ikut bergerah, maka anda berhasil melakukan link.
Setelah coba digerakkan, lakukan undo, supaya posisinya kembali pada garis kerja.



9. Langkah selanjutnya lakukan link piston kuning ke tanda Plus / Cross, caranya sama dengan langkah nomer 8 yaitu menggunakan Select and Link.
Coba gerakkan tanda Plus apakah piston kuning juga ikut bergerak, jika bergerak maka anda berhasil melakukan link.
Setelah coba digerakkan, lakukan undo, supaya posisinya kembali pada garis kerja.


10. Supaya Piston warna kuning mengikuti garis kerja, berikan parameter Look at Constrain. Caranya select piston warna kuning, buka menu Animation, Constrain, Look at Constrain, kemudian klik pada bone yang panjang.
Lihat parameter Look at Constrain yang ada disebelah kanan, beri tanda cek pada Keep Initial Offset.



Coba gerakkan tanda plus yang ada pada sendi piston warna kuning.
(lihat hasilnya pada gambar dibawah)


*panjang juga ya langkahnya, kalo cape istirahat dulu, minum-minum dulu.

Sekarang dilanjut lagi ya, tinggal dikit lagi nih, saatnya memasang Shock Absober / Damper yang sudah kita buat ke Lengan Ayun. Caranya sebagai berikut.

1. Posisikan Shock Absorber pada Lengan Ayun, yang digeser bone dan tanda cross (jangan pistonnya). posisinya seperti pada gambar di bawah.


2. Lakukan Select and Link, tanda cross link ke Lengan Ayun, Bone yang panjang ke Rangka Tumpuan. Coba putar Lengan Ayun.


Sampai disini Tutorial Cara Rigging Shock Absorber dan Hydraulic Piston Menggunakan 3dsMax.
Di bawah ini adalah hasilnya.


3 comments:

  1. admin gimana cara animasikan chain dan sprocket kayak gigitarik sepeda motor sedang berputar

    ReplyDelete
  2. om admin saya mau buat monorel, kayak yg djakarta tu. tp saya bingung menghubungkan antar gerbongnya supaya gerbong belakang bisa bergerak mengikuti gerbong yg didepannya. bisa tolong dkasi tau ga gmn caranya.

    ReplyDelete
  3. wah bagus banget kak tutorialnya, ada yang lain enggak kak

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.