Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Wednesday, February 20, 2013

Untuk membuat hasil render yang realistis, biasanya kita menggunakan mesin render VRay atau MentalRay. Tetapi mesin render tersebut membutuhkan spesifikasi komputer yang lumayan tinggi, bagi kalian yang ingin belajar render atau membuat tugas sekolah/ kuliah, dan hanya memiliki komputer yang alakadarnya. Jangan khawatir, AGA akan memberi tips untuk membuat hasil render realistis menggunakan Default Scanline Renderer 3ds Max.

3ds Max sudah menyediakan mesin render default yang bisa kita maksimalkan hasilnya. Render tanpa menggunakan plugin tidak memerlukan banyak setingan, kali ini AGA menggunakan Skylight, Direct Light, dan menggunakan advance lighting Light Tracer.

karena sekarang AGA tidak ada koneksi internet via PC, maka artikel ini aga posting menggunakan BB, walaupun lebih ribet daripada posting via PC karena harus ngetik pakai kode html, tapi demi pengunjung blog ini AGA rela bersusah payah. Sekalian nyoba berhasil atau tidak posting via handphone, hehe.

Hasil render menggunakan scanline jangan disamakan dengan render menggunakan Vray. Kali ini kita akan memaksimalkan hasil render dari mesin render Default Scanline renderer. Oke... Tanpa berlama-lama lagi, akan AGA jelaskan bagaimana caranya render yang realistis tanpa menggunakan VRay atau MentalRay.


1. Siapkan Scene yang akan di render.





2. Buatlah sebuah Skylight, caranya buka tab create, Light, Standard, Skylight. Atur multipliernya menjadi 1.2 .





3. Aktifkan tampak atas atau Top View, kemudian letakkan Skylight pada sembarang tempat.





4. Buatlah lampu Target Direct, caranya buka tab create, light, standard, Target Direct. Buatlah arahnya sesuai dengan arah sinar matahari yang kalian inginkan.

*catatan : Pastikan posisi target ditengah-tengah objek yang akan di render.





5. Pilih atau Select Lampu Direct yang sudah dibuat tadi, kemudian masuk ke dalam tab modify.


a. General Parameter : Shadow pilih Area Shadow

b. Intensity/Color/Attenuation : Atur sesuai kebutuhan

c. Directional Parameter : Atur Hotspot/Beam & Falloff/Field lebih luas dari objek yang akan di render. Contohnya lihat gambar.








6. Buka Render Setup atau tekan tombol F10. Buka tab Advanced Lighting, kemudian pilih Light Tracer. Atur Parameter sesuai yang AGA berikan, Jika kalian sudah mahir, silahkan di ubah nilai parameternya sesuai dengan keinginan kalian.





Untuk pemula AGA berikan catatan :

- Rays/Sample : Semakin besar semakin halus dan semakin lama proses rendernya.

- Extra Ambient : Semakin ke abu-abuan maka bayangan semakin terang. Pada tutorial ini AGA gunakan value 25.

- Bounces : Banyaknya pantulan sinar. Semakin besar maka rendering semakin lama. Masukkan maksimal 2.

7. Atur posisi kamera dan siap-siap tekan Render atau F9.


8. Tunggu beberapa saat, karena proses render lebih lama dari biasanya.


*klik untuk memperbesar



Render Menggunakan Scanline + Light Tracer



 
Render Menggunakan Hanya Scanline




Render Menggunakan VRay


Dari ketiga gambar di atas bisa kalian bandingkan, silahkan mau pilih pakai Scanline + Light Tracer atau VRay atau MentalRay. Kalau saran AGA yang butuh kecepatan render dan komputer spek pas-pas'an, pakai Scanline + Light Tracer.

Demikian Tutorial Cara Render Realistis Tanpa VRay dan Mental Ray a.k.a. Menggunakan Default Scanline Renderer.

7 comments:

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.