Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Wednesday, January 16, 2013
Tutorial Lengkap 3ds Max Pemula & Lanjutan
Untuk para pemula 3dsMax pasti kurang puas dengan hasil render default 3dsMax. Hasil render atau ouputnya kurang bagus karena tidak menyertakan Global Illumination atau sering disingkat dengan istilah GI.

Pernah mendengar Vray kan? Vray adalah sebuah mesin render yang dapat menghasilkan gambar yang lebih realistis atau hampir mendekati dengan dunia nyata, karena Vray menyertakan Global Illumination untuk output gambarnya.

Global illumination is a general name for a group of algorithms used in 3D computer graphics that are meant to add more realistic lighting to 3D scenes. (wikipedia)


Jangan bingung dulu, kali ini AGA tidak akan membahas Vray karena setingannya terlalu banyak, sekarang kita bahas bagaimana cara render Global Illumination tanpa vray. Dengan berbekal mesin render default dari 3dsMax yaitu Default Scanline Renderer masih bisa menghasilkan Global Illumination, caranya adalah dengan menambah efek Light Tracer pada setingan render.

Mengapa memilih Light Tracer? Karena untuk menggunakannya tidak perlu meng-install plugin dan tidak perlu keahlian khusus dalam melakukan seting parameternya. Cukup melakukan sedikit ubahan parameter render bisa langsung mendapatkan hasil yang lumayan bagus. Langsung saja ke TKP.

1. Buka program 3dsMax, kemudian buka model yang akan dirender.

2. Buatlah lampu Skylight, caranya klik Create, Light, Standard, Skylight. Kemudian aktifkan viewport atas / top, letakkan disembarang tempat.
Atur parameter Multiplier dan Sky Color sesuai kebutuhan. Untuk lebih mudahnya sambil lihat gambar dibawah.



3. Buka setingan Render Setup, caranya buka menu Render, Render Setup atau lebih mudah tekan tombol keyboard F10. Akan muncul jendela Render Setup, pilih Advance Lighting, kemudian pilih Light Tracer. Untuk setingan Parameter silahkan dicoba-coba sendiri sesuai dengan kebutuhan scene.


4. Langsung saja tekan tombol Render atau tekan tombol keyboard F9. Tunggu beberapa saat karena proses render lebih lama dari render default hal ini disebabkan komputer melakukan kalkulasi cahaya dan objek yang ada di dalam scene untuk menghasilkan Global Illumination.

Hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini.

hasil-render-menggunakan-light-tracer-3dsmax


hasil-render-default-3dsmax

0 comments: