Like This Blog

Search

AgaYuditra Studio



Pengunjung bulan ini

Tinggalkanlah beberapa kata berupa kritik, saran atau komentar
karena masukan dari Anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini.
<<<<<< klik tombol [LIKE] untuk pemberitahuan tutorial terbaru
Sunday, January 20, 2013
Objek yang anda buat tidak bisa digerakkan karena cursor move tidak muncul? Bagi yang belum pernah mengalaminya pasti panik, semua tombol keyboard ditekan (pengalaman AGA seperti itu, hehehe). Ketika masih saja belum bisa muncul, anda mengira 3dsMax anda error, kemudian anda lakukan install ulang 3dsMax milik anda. 3dsMax anda TIDAK ERROR.

Cursor move, rotate, scale yang hilang namanya Gizmo.


Pertama kali jangan panik jika terjadi sesuatu yang aneh pada software anda. Coba buka help pada 3dsMax anda, memang bahasa inggris, kalau gak paham sambil buka kamus.

Kalau pengen cepat langsung browsing aja, tanya mbah google. Kalau anda beruntung maka akan menemukan artikel ini, hehe. Langsung saja AGA kasih tau cara mengatasinya.



1. Buka 3dsMax anda yang sedang bermasalah.

2. Berdoa dulu sesuai dengan Agama dan Kepercayaan masing-masing.

3. Tekan Tombol X pada Keyboard.

4. Tadaaaa Gizmo'nya muncul lagi kan.

Masalahnya sangat sepele, cursor gizmo anda menghilang karena tanpa sengaja anda menekan tombol X pada Keyboard.

Ingat JANGAN PANIK. Berpikirlah dengan kepala dingin.

52 comments:

  1. TERIMA KASIH,,Gan..untung ane buka blog agan,,sebelum ane gambar ulang di file baru..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yusuf
      Sama-sama bro..
      Brarti anda termasuk org yg beruntung krena membuka blog ini.. hehe

      Delete
  2. klo udah di tekan tombol x masih gak muncul gimana gan??

    ReplyDelete
  3. wah punya ane ga mau muncul lagi gan... hadehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. maliksimanjuntak14@gmail.comDecember 13, 2021 at 10:40 AM

      Klik menu views, ceklis dibagian show Transform Gizmo, dah muncul dehhh, selamat mencoba

      Delete
  4. makasih om, saya orang yang beruntung juga nih he he he

    ReplyDelete
  5. kalau memperbesar ukuran gizmo gmana gan

    ReplyDelete
  6. @anonim @pajar6970 : wah kalo itu ane gak tau gan.. mungkin 3ds maxnya yg error, atau filenya.. coba aja buka file lain, kalo bisa brarti file 3ds maxnya yg bermasalah.. hehe
    @sunjaya : sama-sama gan.
    @mustika rima : wah kalau ukuran gizmo belum pernah nyoba ganti tuh.. biasanya sih ukuran layar mempengaruhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gizmo?? Coba pake tombol plus dan minus.

      Delete
  7. gan gizmo nya udah keliatan gan! makasih thanks bgt blognya, saya panik banget tadi.
    tapi kok desain 3d saya masih jelek ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @shibuya
      sama2 gan.. kalo masalah desain itu tinggal kita menggali kreatifitas dan menambah jam terbang aja gan...

      Delete
  8. aaaaaakkk makasih XD langsung bete banget tadi, udah di restart udah diinstal ulang tetep aja begitu. ternyata sepele banget masalahnya hihihihi

    ReplyDelete
  9. makasih gan postingannya, abis 3ds max yang tanpa sengaja saya hilangkan gizmonya adalah komp. mlik sekolahan, saya sampai takut akn dmrahi gru pembimbing saya.

    ReplyDelete
  10. Gan kok objek yang saya buat ga bisa digerakin yah pakai select and move sedangkan kalau pake select and rotate bisa.. itu kenapa yah?? mohon dibantu yah gan makasih sebelumnya gan

    ReplyDelete
  11. Coba tekan spasi gan,, kadang gak sengaja ketekan spasi, objek jadi kekunci.

    ReplyDelete
  12. Untuk yg 3ds max 2014 gimana?
    Tombol X bukan untuk memunculkan gizmo tapi search di 3ds max 2014

    ReplyDelete
  13. makasih gan... ane udah panik setengah duar ini pagi...thx berat gan sukses selalu... :) sangat membantu.

    ReplyDelete
  14. makasih gan atas info nya...... hampir aja windows nya yang mau ane install ulang gan

    ReplyDelete
  15. makasiiii buanyaakkk gan...akhirnyaaa...lega...:D

    ReplyDelete
  16. kerjaan jalan truuusss... makasih gan :)

    ReplyDelete
  17. tekan x di keybord sama masuk ke costumize >>> preference trus gizmosnya di on.. tetep gan

    ReplyDelete
  18. Thank yu untuk semua infonya, ini bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  19. for all : semoga bermanfaat ya gan..

    ReplyDelete
  20. gan ...lw kusor d 3D max saya menjadi kecil ...itu gmna caranya jadi besar lagi
    mohon binbingannya :)

    ReplyDelete
  21. gan punya ane kok gak bisa padahal udah ikut tutornya agan

    ReplyDelete
  22. salam kenal admin kami dari plakat resin mohon ijin mampir semoga cepat sukses

    ReplyDelete
  23. terimaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkaaaaaasssssiiiiihhhhhh GAN, Gizmo berhasil balik lagi. sempet mau inul 3dmaxnya untung nemu blognya... :)

    ReplyDelete
  24. garis sumbu ane ilang kok gak bisa d munculin gan gmna ini

    ReplyDelete
  25. Pa, cara mengembalikan fungsi keyboard pada 3d max 2013 biar aktif lagi gimana pak? Saya waktu itu salah asal klik hotkey sehingga membuat keyboard jadi gak bisa di gunain di 3d max 2013. Bagaimana ya pak solusinya?

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah..
    Gak jadi intal ulang 3dmax nya.
    Makasih gan!

    ReplyDelete
  27. aaaa makasi banget gannn, tdiinya bete krna kusor ga muncul selesai baca blog nya malah jadi ketawa ketawa ngetawain diri sendiri :D

    ReplyDelete
  28. Klo yang ga bisa x coba w kali aja bisa

    ReplyDelete
  29. Gan mau tanya kalo tulisan di pojok kiri atas pada layout ngk kelihatan tp masih bsa di klik, cara munculinnya gimana?

    ReplyDelete
  30. Gmn cara normalkan kembali cursor di saat perintah select n move,, (sangat mengganggu n tdk tdk bisa diarahkan sesuai tujuan kita)...

    ReplyDelete
  31. makasih gan...
    normal lagi tuh tanda panahnya...
    .
    padahal sebelomnya udah di restart, udah di instal ulang, masih gak nongol juga tanda panahnya...
    .
    hampir aja mau saya jual komputernya...😁

    ReplyDelete
  32. alhamdulillahhh..hatur nuhun pisan..terima kasih banyak...

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik.
Untuk pengunjung non google account gunakan
"Beri komentar sebagai : Name/URL"
Masukkan nama dan email Anda.